Standar Pelayanan UPT Puskesmas Tampojung Pregi 2024
Standar pelayanan adalah pedoman yang digunakan untuk penyelenggaraan pelayanan dan acuan untuk menilai kualitas pelayanan. Standar pelayanan merupakan kewajiban dan janji penyelenggara pelayanan kepada masyarakat.
Standar pelayanan memiliki beberapa tujuan, yaitu: Menjamin kepastian pelayanan kepada penerima layanan, Meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan, Mendapatkan kepercayaan masyarakat.
Standar pelayanan yang baik harus:
- Mudah dimengerti, diikuti, dan dilaksanakan
- Mudah diukur
- Memiliki prosedur yang jelas
- Memiliki biaya yang terjangkau
Komponen-komponen standar pelayanan meliputi:
- Persyaratan
- Sistem, mekanisme, dan prosedur
- Jangka waktu pelayanan
- Biaya/tarif
- Produk pelayanan
- Penanganan pengaduan, saran, dan masukan
Standar Pelayanan pada UPT Puskesmas Tampojung Pregi tertuang pada Surat Keputusan Kepala Puskesmas tentang Penetapan Standar Pelayanan, selengkapnya