9 September 2024 Oleh Mohammad Robetul Hasan 0

Standar Pelayanan UPT Puskesmas Tampojung Pregi 2024

Standar pelayanan adalah pedoman yang digunakan untuk penyelenggaraan pelayanan dan acuan untuk menilai kualitas pelayanan. Standar pelayanan merupakan kewajiban dan janji penyelenggara pelayanan kepada masyarakat. 

Standar pelayanan memiliki beberapa tujuan, yaitu: Menjamin kepastian pelayanan kepada penerima layanan, Meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan, Mendapatkan kepercayaan masyarakat. 

Standar pelayanan yang baik harus:

  • Mudah dimengerti, diikuti, dan dilaksanakan
  • Mudah diukur
  • Memiliki prosedur yang jelas
  • Memiliki biaya yang terjangkau  

Komponen-komponen standar pelayanan meliputi:

  • Persyaratan
  • Sistem, mekanisme, dan prosedur
  • Jangka waktu pelayanan
  • Biaya/tarif
  • Produk pelayanan
  • Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Standar Pelayanan pada UPT Puskesmas Tampojung Pregi tertuang pada Surat Keputusan Kepala Puskesmas tentang Penetapan Standar Pelayanan, selengkapnya